30 November 2007

Extra Fooding Anis Merah

Sebelum pembahasan ini saya pernah beropini, bahwa anis merah berkicau itu karena untuk menarik perhatian betina alias birahi tinggi. Nah jadi menurut saya biar anis merah mau berkicau ya harus tau kapan dia bisa mendapat moment birahi tersebut. Salah satu caranya bisa didongkrak pake extra fooding.

Menurut pengalaman saya, walaupun belum teruji secara klinis atau laboraturium ada extra fooding untuk menaikan dan menurunkan libido anis merah. Nah kalau sudah paham, kita tinggal set anis merah kita semudah mengoperasikan tape atau cd. Mau lagu pop atau rock atau seriosa atau klasik gaya mozart atau kucing garong plus goyang angguk-angguk telernya.

Jangkrik

Ada dua jenis jangkrik. Ada yang bondol atau bersayap, dan juga ada dua macem lagi yakni jangkrik liar atau tangkapan atau dari penangkaran/ternak.
Silahkan anda pilih yang mana terserah maunya anis merah anda. ( tips: jangan pilih jangkrik ukuran besar, takut nyangkut. Pilih agak kecil +/- ujung kelingking orang dewasa.)
Jangkrik adalah extra fooding rata-rata anis merah. Dia bisa untuk mendongkrak libido anis. Hati-hati terlalu banyak si anis bisa kelewat birahi tinggi, bisa-bisa bukanya berkicau malah bergerak liar dan buas bak singa menerkam mangsa. Kata lain dia akan ganas berusaha menyerang anis lain atau yang lebih gila malah menyerang si bossnya.
Jadi jangkrik memang bisa dibilang cepat untuk menaikan birahi anis merah dan memberikan tekanan lebih pada volume suaranya. Berikan sesuai kebutuhan dan amati perkembangannya.

Cacing Tanah

Ini katanya sih yang bisa bikin anis merah bisa teler. Eits tunggu dulu jangan terus anda langsung kasih anis anda cacing sekilo sekaligus biar teler. Bisa sih dia teler tapi mungkin abis itu mati cacingan kaleee... (sorry just kidding, saya belum pernah denger anis mati makan cacing. Lah wong cacing di habitat aslinya adalah makan utama.)
Menurut saya cacing bisa digunakan untuk mendinginkan suhu tubuh akibat birahi tinggi. Dan bisa juga opini diatas di pakai yaitu supaya bisa bikin teler, siapa tahu aja burung anda bisa teler. Tapi lagi-lagi kalau pemberian berlebihan hal ini menurut saya malah bisa menurunkan tekanan pada volume suaranya. Anda gak mau kan pas teler anis merah anda malah bersenandung alias bisik-bisik, percuma dong.. (tips: pilih cacing yang berasal dari sampah atau pinggir selokan, gizi lebih bagus karena teori aja di sampah sisa rumah tanggakan pasti ada sayur sisa nah itu merupakan gizi pilihan yang sudah dikandung di cacing. Lagi-lagi ini menurut saya dan belum teruji kebenarannya. Kalau anda ragu udah beli aja di toko pancing atau pakan burung beres..) cacing tanah sifatnya seperti untuk cooling down jadi kalau anis anda kelewat birahi yah mungkin bisa dinetralisir dengan cacing tanah ini + sering dimandiin deh biar adem kepalanya.





Ulat Bambu

Nah kalau extra fooding yang satu ini menurut saya cocok untuk rekondisi. Artinya bila burung anda terlalu kurus salain pakan pur, ulat bambu bisa juga dengan cepat menambah berat badan. Pernah juga seorang rekan mengeluh bahwa anis merahnya jadi katarak gara-gara kebanyakn extra fooding ini. Wah saya jadi bingung, sekali lagi ini juga belum tahu sudah teruji atau belum, setahu saya katarak terjadi karena kelamaan jemur dan langsung dikerodong. Coba mungkin anda tahu kenapa mata anis merah bisa katarak. Ulat bambu sering saya gunakan pada saat anis merah saya sedang masa sontok bulu atau sulam (mabung).


Kelabang

Extra fooding favorit buat ikan arwana ini ternyata kalau pemberiannya pas bisa bikin anis merah anda jreng loh.. Sekali lagi menurut saya kelabang bahkan lebih cepat membuat birahi anis naik daripada jangkrik. Tapi resikonya juga cukup besar, anis anda bisa jadi galak dan birahi tinggi jika takaranya gak pas. Konon (jgn dibalik...) seorang rekan hobies spesialis Murai Batu asal Jawa Timur yg berdomisili di jakarta memberikan tips ini kepada saya berani kasih jaminan, dan semua murai batunya sudah ketagihan kelabang katanya. Memang sih pada saat itu Murai batu miliknya adalah langganan juara dari wilayah lokal sampai kapolri cup. Sebagai tips darinya ukuran kelabang harus disesuaikan, dan pemberian jangan dilakukan setuap hari. Karena karakter anis merah beda dengan murai batu. Kalau murai batu itu Mbahnya real fighter sejati jadi kelabang mungkin bisa jadi menu harian buat si murai.
Untuk anis merah pilih ukuran kelabang kira-kira sebesar gabungan 2 batang tusuk gigi dan panjangnya segitu juga. Itu aja sih yang bikin repot nyarinya. Karena biasanya di toko pakan ikan yang tersedia sebesar telunjuk orang dewasa, nyangkut deh tuh di leher anis merah. Minta yang sungutnya sudah gak ada, setelah itu potong menjadi 3 atau 4 bagian. Berikan pada saat burung anda sedang lapar, karena kalau tidak nanti cuma jadi mainan aja, dipatuk-patuk terus dibuang. Oh iya biasanya 3 atau 2 hari sebelum lomba saya berikan ini pada anis merah, itu pun mesti dilihat jika memang dibutuhkan atau tidak.

Belalang

Ini hampir sama seperti jangkrik, yang membedakanya adalah belalang lebih susah di cari. Hari gini cari belalang di jakarta......? Seorang hobies POKSAY asal jawa barat yang memberikan tips ini pada saya. Katanya belalang lebih lunak dari jangkrik jadi gampang dicerna. Wah mungkin boleh juga tuh dicoba oleh anda, dan yang lebih kerennya lagi gak ada efek sampingnya kalau kebanyakan makan belalang katanya, itu dia buktikan karena POKSAY juaranya cuma makan belalang aja gak makan pur. Paling dia tambah pisang atau pepaya. Yang penting kaki belakang dan bulu sayap di buang, dan sesuaikan ukuran buat anis merah jangan kasih yang segede jempol ya boss.



Ulat Hongkong

Disebut ulat hongkong karena bentuknya yang kecil segede batang korek api dan warnanya pun sama coklat sering muncul di film-film hantu cina-hongkong sebagai belatung. (wah ini sih saya ngelantur....) Maaf saya bener gak tahu kenapa di sebut ulat hongkong, yang pasti kalau anda mau cari di pasar burung gampang kok tinggal sebut aja ulat hongkong, pasti langsung ketemu.
Menurut saya fungsi utamanya hampir mirip dengan ulat bambu yaitu sebagai rekondisi, tapi ada hal lain yang lebih penting. Banyak rekan-rekan beri masukan kalau yang warna coklat ulat hongkong bisa membantu mempercepat rontok bulu katanya hawanya bisa jadi panas (kaya cabe/bawang maksudnya). Lah memang ada ulat hongkong warna lain? Ada tapi maksudnya yang lagi ganti kulit alias warna putih, nah ini bagus diberikan pada saat jeda lomba. Karena tidak mengandung panas yang berlebihan, gunanya untuk tetap menjaga kestabilan suhu tubuh jangan sampai drop. Apalagi trend sekarang anis merah dalam sehari bisa naik ring 3 sampai 5 kali sehari lomba. Kebayangkan gimana tenaganya gak terkuras, makanya ilmu extra fooding disini pun jadi pegangan buat si joki burung (perawat) untuk tetap menjaga kondisi burungnya.


Pisang Gepok

Buah ini pada manusia sudah dikenal sebagai pembantu alat pencernaan, dan bagus buat yang punya sakit maag. Nah atas teori ini ya menurut saya bisa dipakai pada anis merah. Ini sifatnya bisa sebagai rekondisi dan juga obat mencret. Berikan bila anis anda doyan minimal 1 kali seminggu biar pupnya padat.

Pepaya

Pepaya sering saya berikan jika pupnya kering dan setelah burung sehabis lomba, dimana extra fooding berat sudah banyak masuk dan perlu cooling down. Tapi ingat jangan berlebihan ntar jadi mencret, secukupnya saja. Tapi kalau sudah terlanjur mencret ya sudah kasih aja pisang gepok. Nah disinilah maksud saya pentingnya memahami extra fooding, selain berguna untuk mengatur kondisi tubuh. Extra fooding masing-masing juga ada keterkaitan penawarnya. Ngertikan maksud saya..! jadi kalau burung anda kurang ini, maka ekstra foodingnya ini. Tapi kalau kelebihan dinetralisir pakai ekstra fooding ini. Begitulah maksud saya boss....! gampang kan.

Apel Merah
Kata rekan hobies yang tinggal dikawasan cinere apel bisa juga bikin anis anda cepat birahi. Anda bisa coba juga trik ini


Nah sudah saya penuhi janji saya kan ngebahas masalah extra fooding. Mungkin anda punya tips lain atau punya jenis extra fooding lain silahkan komentar anda baik kritik saran dan pertanyaan, siapa tahu kita bisa share dan bantu hobies anis merah lain...
Selamat mencoba, ingat lebih baik telat daripada tidak sama sekali.. (btw resiko tanggung sendiri ya boss..) nah loh...!!!



2 komentar:

nirmala basuki mengatakan...

Thanks sharing-nya

fafan mengatakan...

terimakasih... info menarik, permisi copas sebagian.