30 November 2007

Anis Merah, Mahluk Seperti Apa Sih?

Anis Merah atau Punglor atau Anis Bata atau nama latinnya Zootheria Citrina adalah asli burung Indonesia. Salah satu burung jenius yang merupakan predator hama tanaman yang pakan utamanya adalah cacing dan serangga. Kenapa dibilang jenius? Ya, karena Anis merah dapat menirukan suara bermacam-macam jenis burung lain. Hal itu dia gunakan sebagai (khusus kelamin jantan) simbol kedewasaan anis merah jantan untuk menarik pasangan betina dan test mental ke sesama jantan. Dan karena itulah dia juga bisa dikatakan sebagai fighter sejati karena kemampuan dia meniru suara-suara burung lain yang dia gunakan sebagai senjata untuk menaklukan sesama jantan. Dimana biasanya yang mempunyai suara yang lebih keras dan variasi suara lebih banyak si betina pun luluh dibuatnya. (Wah gilee kaya peneliti dari discovery channel aja nih... nb: ini mah cuma ulasan saya aja, maaf pak /ibu peneliti kalau saya salah atau ngawur, namanya juga opini... boleh dong)

Anda tahu ada satu lagi alasan kenapa saya membahas anis merah? Ada satu ciri khas anis merah jantan yang tidak dapat dimiliki burung lain didunia manapun (ini sih setahu saya ya..) yaitu jika dia sudah berkicau dia mampu menari bak jackie chan action dalam Drunken Master..! Yup.. Anis merah bisa
TELER layaknya kita kalau habis dugem kebanyakan koplo he...he...

Anis merah teler, bisa menekuk kepalanya hingga menyerupai orang jepang hormat dan bergoyang kekanan dan kekiri, dan gilanya lagi disaat bersamaan dia bisa menyayikan lagu atau suara yang asyik didengar (itupun jika kuping anda bersahabat tidak dangdut sejati atau jazz mania..). Dan malah ada beberapa jenis yang mampu mengibarkan ekornya bak kipas pengantin naik turun, atau pun lebih dasyatnya bisa bergetar badannya dan bergerak lari-lari kecil kekiri-kanan tangkringan (kayu panjang yang ada dalam sangkar tempat berpijak) lalu disambung dengan balik badan. Gak percaya..?

Percaya .. harus.. karena saya sudah melihatnya sendiri. Dan anda juga harus melihatnya juga. Coba luangkan waktu anda sabtu/minggu hunting ke pasar burung, lihat-lihat siapa tahu rejeki anda bisa melihat koleksi pedagan burung. Atau kalau mau pasti, beli tabloid atau majalah tentang burung cari jadwal pameran atau lomba burung berkicau di daerah anda.

Tipe Anis Merah

Dalam dunia hobies anis merah, ada beberapa tipe karakter burung yang difavoritkan pemilik untuk dimiliki, antara lain tipe real fight. Maksudnya burung tipe ini mempunyai suara keras dan dasyat serta kasar-kasar. Yaitu volume yang keras, dan variasi suara yang dimiliki berasal dari meniru suara burung lain seperti cucak jenggot, love bird, jalak suren. Tipe yang seperti ini yang paling enak dilihat pada saat on fire, suaranya yang keras bisa bikin saingannya gak akan bunyi alias kabur kalah mental. Itulah keistimewaan tipe anis merah ini, kharismanya yang fighter sejati bisa bikin lawannya down. Tipe yang kedua adalah yang suaranya sedang tidak terlalu keras ataupun pelan. Tapi keistimewaannya tipe ini adalah karena agak sedikit kalem, dia kalau sudah berkicau sanggup 1 jam gak akan berhenti baik untuk makan atau minum. Dan variasi suara yang dipunyai biasanya lebih banyak ibaratnya kalau lagu 1 album standarnya punya 10 lagu, nah tipe ini dia punya 20-25 variasi suara lagu. Kemampuan lainnya, dalam membawakan lagu cara dia berpindah dari suara satu kesuara berikutnya nyaris sempurna tidak ada jeda, istilahnya ngeroll panjang-panjang dengan speed yang rapat. Dia tetap punya suara kasar-kasar seperti diatas tapi tidak terlalu mendominasi, karena ya itu tadi dia punya banyak lagu jadi sekali napas dia berusaha mengeluarkan semua lagu yang dipunya. Jika anda sulit untuk membedakannya coba cari tahu atau gabung di forum kicau mania, anda bisa cari tahu dahulu ada burung yang bernama
“ZAMORANO” milik hobies jawa timur kalau gak salah initial “SR” (maaf takut yg bersangkutan gak mau diekspos jadi inisial aja). Ini adalah legenda burung anis merah yang ditiap lomba 99.99% pasti juara. Para hobies pasti tahu sepak terjang si Zamorano ini, menurut saya dia nyaris merupakan gabungan kedua tipe diatas. Tapi saya lebih suka memasukannya ketipe real
fighter sejati. Karena mental juaranya, stamina dan konsisten hampir disetiap lomba, serta senjatanya yang kasar-kasar. Pada masanya dulu dialah jawaranya. Setahu saya jarang ada burung anis merah dasyat yang mampu tampil stabil. Karena tipe seperti ini ibarat orang yang kelebihan energi. Jadi maunya belingsatan alias gak bisa diam. Nah untuk tipe kedua ini saya agak bingung memberikan contohnya, karena setelah eranya Zamorano sulit sekali menemukan burung yang jangankan menyamainya, mendekati saja sudah bagus. Karena banyak burung-burung bagus tapi dia kurang stabil alias tidak konsisten. Salah satu contohnya adalah kalau “menurut saya” ada satu nama milik hobies asal jakarta, tepatnya didaerah yang lagi ribut-ribut karena perumahaan elitenya dilewatin bus way. Saya takut kasih inisial pemiliknya, tapi nama burungnya
“BAYANGAN”. (lah itu sih sama aja kalu tahu burungnya pemiliknya pasti tahu dong....!). Buat ukuran kawasan Jabodetabek kadang-kadang Solo, Semarang, Jogja, Bandung, dari lomba lokal, nasional, piala raja sampai kapolri cup. si Bayangan ini juga pernah jadi juaranya. Tapi ya itu tadi dia kurang stabil bisa bulan ini tampil bagus, bisa bulan depan nyangkut lima besar doang juaranya. Keistimewaan si Bayangan adalah dia kaya akan lagu variasi, ngeroll panjang. Artinya 1 kali napas dia sanggup “nyanyi” selama 3-5 menit tanpa jeda tarik napas dan jeda lagu kosong kerenkan...? Dan setelah selama ini saya amati inilah dasar perbedaan antara tipe real figt dengan yang kalem ( smooth figth), biasa yang kalem lebih stabil di bandingkan real fight. Tapi sekali lagi ini cuma pendapat saya saja, bukan maksud bahwa burung lain milik boss-boss hobies diluar sana yang kurang bagus. Jika anda punya favorit lain gak masalah silakan saja. Nah sekarang tinggal anda yang menetukan mana tipe untuk anda yang real fight atau yang smooth fight. Atau anda punya penilaian tipe lain ya silakan.


Tips Perawatan Harian Anis Merah

Pada dasarnya Anis merah tidak ada yang sama persis cara pemeliharaannya, tapi saya berusaha memberikan tips yang mungkin sedikit bisa menjadi masukan buat anda. Dari beberapa anis merah yang pernah saya rawat, ada saja perlakuan istimewa diantarnya ada yang maunya mandi 1 kali sehari aja, ada yang 3 kali sehari, ada yang gak doyan cacing, ada yang gak doyan jangkrik, ada yang gak mau dijadikan satu ruangan dengan anis merah lain, ada yang minta dijemur dulu sebelum mandi, ada yang doyannya cacing aja, ada yang maunya makan pur import karena kalau lokal ‘pup’-nya jadi mencret, ada yang doyan pur lokal harga Rp 750 perak tapi Cuma adanya di daerah tasik doang, dijakarta gak bakal ada yang jual. Wah pokoknya macam-macam deh, kalah deh yang ngurus malah kadang nggak keurus... he..he.

Tapi gak usah takut ada satu kunci menurut saya yang paling penting, walaupun anda gak bisa merawat setiap hari alias kualitas perawatan lebih ok daripada kuantitas, tapi kalau bisa keduanya malah lebih sip. Karena ini adalah kunci untuk membuka tabir kedasyatan anis merah anda. Ingat anda jangan egois, yang utama amati dari
“KEBIASAANNYA, KARAKTERNYA dan BERIKAN APA YANG ANIS ANDA SUKAI. ” setelah itu baru anda bisa menikmati hasilnya. (gile gampang amat..) Itupun kalau anda berjodoh dengan anis merah dan anda punya stok kesabaran berlimpah ruah, tahan banting dikerjain burung, stress gak bunyi, atau malah bikin pusing duit abis buat ngurus bunyi juga nggak. Gimana, masih mau jadi hobies burung..? Kalau mau lanjut, terusin baca dong.

Cara merawat kurang lebih seperti ini: (anda kalau gak ada kerjaan atau libur weekend panteng dari pagi sampai sore deh..)

1. Mandikan burung minimal 1 kali sehari dipagi kalau bisa ( 2 kali kalau mau bagus). Sebelum mandi angin-anginkan 10-15 menit untuk pemanasan.
2. Jangan lupa selama anis mandi di kandang keramba, bersihkan kandang dari kotoran biar gak ada kutu. Ganti air minum dan makanan jika sudah lewat 3 hari takut jamur. ( kalau anis anda doyan air mineral atau matang lebih bagus, tempat minum bisa gak jamuran dan terhindar dari bakteri yang bisa merusak pita suaranya.)
3. Berikan dia extra fooding semisal cacing, jangkrik, belalang, ulat bambu kelabang kecil. Plus pencuci mulut buah pisang gepok, pepaya, apel merah new zealand (busyet jangan-jangan sekarang sudah doyan durian montong). Nggak perlu setiap hari, yang penting anda perhatikan dulu dia suka yang mana, atau atur hari ini kasih ini, besok ganti yang lain, atau misal dia suka jangkrik. Maka tiap hari kasih jangkrik plus ditambah kombinasi lain bisa cacing+pisang/apel. Berapa porsi extra fooding yang ideal? Nah dalam pemberian extra fooding besar pengaruhnya buat anis anda. Jika kurang anis males bunyi, jika kelebihan dia cepat emosi alias over birahi. (jangan takut nanti akan saya bahas masalah extra fooding ini). Pokoknya untuk awal pilih salah satu jenis extra foodingnya berikan dia 2 jankrik/ 2 cacing/ 2 ulat bambu dulu. Plus 2 atau 3 hari sekali kasih pencuci mulut buahnya.(tips: jika doyan jangkrik atau belalang jangan lupa buang kaki belakangnya yang ada duri takut merusak pita suara, ini sih jaga-jaga aja, atau ada yang lebih gila lagi matiin dulu baru di kasih keburung. Anda pernah digigit jangkrik? Nah gimana kalau lidah atau pita suara anis anda yang digigit? Tapi ada juga burung yang asal sikat dan sampai sekarang sehat aja gak ada namanya keseleg jangkrik atau cacing. Ingat moto...! berikan anis anda kesenangan dan kemudahan, nanti dia akan bayar tuntas usaha anda loh..!)
4. Jemur burung anda jangan sampai jam 12 siang karena terlalu terik takut kepanasan malah mati, yang penting minimal 1 jam. Ingat penjemuran ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh dan fisiknya nanti. Bisa juga trik ini untuk program diet, jika burung anda kegemukan.
5. Nah biasanya anda bisa menikmati anis anda ngoceh dirumah pada saat point ke-4 tadi. Setelah itu angin-anginkan dia di tempat yang teduh 15-30 menit, atau sesuka anda karena ada tipe burung yang pas dijemur gak mau bunyi, begitu dipindah ke tempat adem baru deh dia unjuk gigi. Jangan langsung dikerodong atau langsung masuk ruang yang gelap takut rabun matanya.
6. Nah kalau udah siang berhubung anda yang sudah berkeluarga atau sudah punya pasangan, sekarang anda bisa anter istri belanja, anak ke mall, ngapelin pacar. Karena burung anda bisa dikerodong untuk istirahat dan tempatkan di tempat yang tenang kalu bisa plus kasih satu ekor extra fooding. Tapi kalau anda bujangan atau gak ada urusan bisa aja anda tonkrongin tuh burung.
7. sorenya sekita jam 15.30 atau matahari sudah tidak terik, boleh lah anda keluarkan lagi anis untuk diangin-anginkan 30 menit atau lebih sebelum mandi. Kasih dia satu ekor extra fooding.
8. mandi sore dimulai, biasa bersihkan kandang , perhatikan pupnya? Jika kering dan menggumpal. Selamat..! hari ini anda sudah menaklukan anis merah anda. Karena hatinya pasti lagi senang, itu berarti kondisi anis anda sedang sehat dan bugar. Pertahankan terus yah boss. ( nanti saya akan coba bahas masalah pup, gimana ciri-ciri kondisi drop dilihat dari pupnya mencret atau kering, ada bercak putih atau merah..)
9. berhubung sore, mandinya jangan terlalu lama kan gak ada matahari takut bulunya gak kering. Ntar lembab, kutu pada dateng deh. Ukuranya kalau sudah mandi sekali atau dua kali terus sudah mulai menyisir cepat angkat. Tempatkan kembali sampai kering atau jam 17.00. jangan lupa kasih extra fooding 2 ekor lagi boss.
10. setelah bulu kering boleh deh burung di masukin lagi ke tempat istirahat. Tips: kalau bisa kerodong burung anda biar lebih tenang dan terhindar dari gangguan cicak dan nyamuk. Ada burung yang maunya dikerodong pakai kain yang transparan atau agak tebal. Biasanya burung kalau gak cocok akan kelabakan. Atau bisa juga anda terlalu dekat menempatnya dengan lampu, atau tidak suka ruang gelap. Atau takut bayangan pohon atau kordyn jendela anda. Sukur jika burung anda gak ngaruh hal begituan.
11. selesai deh 1 hari mengurus anis anda, mudah-mudahan 1-2 bulan anda sudah bisa mengenal karakter burung anda dan tau apa yang digemarinya.


Oh iya jika anda gak sempat sore hari untuk ngurusin, karena kesibukan lain. Bolehlah anda ganti mandinya pada saat malam hari. Yang penting jangan sampai jam 20.30 malam. kenapa? ... mau nggak ngapelin pacar atau dipelototin istri kelamaan main burung...
Yang penting antara jam 18.30 sampai jam 20.00 lakukan aktivitas mandi dan angin-anginkan melepas kangen anda dengan si anis. Ingat moto yang penting kualitas bukan kuantitas. Jadi biar ketemunya cuma sebentar tapi anda sudah bisa kasih maunya anis anda sudah cukup kok.

Oke segitu dulu deh nanti kita bahas topik yang lain. Kalau ada saran, kritik atau masukan, sanjungan, makian, atau sumpah serapah silahkan. Saya akan terima dengan tangan terbuka. Blog ini saya buat semata-mata untuk berbagi dengan sesama hobies anis merah. Yang penting saya sudah berusaha berbagai pengalaman dengan anda.


4 komentar:

Nugraha mengatakan...

Sipp gan,, gmna kalau AM kena katarak? Ada solusinya?

Rusli mengatakan...

Muantep. Pencerahannya kaya lg dengerin AM ngerol n teler.

Erwin St mengatakan...

Gan... anis merah muda br beres mabung pertama,dan dah mulai rajin ngemplong usia kurang lebih 1 thn,..tp skrg tuh brg suka matokin n tangan saya galak ...kenapa ea..??? ht nuhun

unaiikunaii mengatakan...

gan ane bru dpet am. tpi blum mau bunyi lias membisu diam sribu bahasa ..itu kirany stres perjlnn jauh. lg mabung or adaptsi ?mhon pencrahan...buraaaaam amat sma am